My Simplest Salad; Recipe and Tips

Saya bukan pecinta sayuran, kecuali sayur sop, juga bukan pecinta lalapan. Tapi untuk yang satu ini saya suka banget banget. Salad. Bukan salad yang pake mayonaise atau thousand island itu, yang justru kurang pas di lidah saya. Sedari kecil mamah selalu bikin salad model begini. Saya sebagai anak ngikut aja deh ya, apalagi saya yang baru nikah dan masih beginner ini, bikin salad ini jadi salah satu keahlian saya. Maklum, jangankan sayur asem, bikin sayur sop aja masih suka kederAnyway langsung aja deh ya ini resepnya :

Sayuran : wortel, tomat, selada, paprika, bawang merah/bawang bombay, mentimun, dan sayuran lain yang kau suka atau yang ada. Cuci bersih semuanya. Lebih enak dalam kondisi dingin.

Bumbu/saus : minyak zaitun secukupnya (minyak sayur juga enak, tapi jangan jelantah ya 😉 ), garam, lada, basil kering (bisa di skip), dan (tambahan saya sendiri) boncabe 😀

Caranya : potong2 semua sayuran sesuai potongan yang diinginkan. Kalau untuk wortel saya lebih suka diparut, krn lebih yummy. Campur minyak zaitun dan semua bahan sausnya. Aduk-aduk dengan lembut menggunakan garpu (jangan brutal ngaduknya, nanti tomatnya hancur).

Tips : 1. Bawang memang enak dimasukkan ke salad, tapi bagi yg ga begitu suka bisa cukup terganggu sama aroma bawangnya. Supaya aromanya ga terlalu kuat, sajikan bawang dalam kondisi dingin, karena pada saat dingin (suhu rendah) senyawa penimbul bau bawang lebih sulit/sedikit menguap. Jadi saladmu tetap wangi bawang tapi ga nyegrak ke hidung ketika bawangnya dimakan :). Berlaku untuk bawang merah maupun bombay.

2. Bagi yang suka paprika, untuk salad ini lebih enak jika pilih paprika hijau yang agak besar, masih agak keras/kokoh, warnanya dominan hijau tapi ada semburat kuning2/merah2nya, rasanya berair dan agak manis. Cocok dan seger banget deh pokoknya 😀

2. Salad ini paling cucok disantap dalam kondisi dingin. Bisa dibuat waktu sayurannya dingin, atau dibuat dulu terus dimasukkan ke kulkas. Kalau tidak langsung habis bisa dimasukkan ke kulkas dulu.

Ohya ini penampakan salad yg baru saja saya racik. Sekarang udah ludes dicemilin sembari ngerjain tulisan ini.

Cocok untuk sarapan, makan siang, makan malam :9
Cocok untuk sarapan, makan siang, makan malam :9
5 thoughts on “My Simplest Salad; Recipe and Tips

      1. Saladnya aku tambahin apel XD tapi jadi enak banget pas nyatuin asemnya tomat, manisnya apel sama bawang bombay, sedikit pedesnya paprika :9 seger n yummy tik. Ditambah minyak zaitun, awwww sihat bingittt :9. thankssss!!!

      2. wow perfect combination! eh btw, ini kedengerannya simpel bgt, kl belum pernah coba dan suka pepaya, cobain dlin pepaya dingin pakai madu. Itu simpel banget tp rasanya enak bingit! 😀 Anw thanks girl for visiting and sharing! :*

Leave a Reply

