Baked Fettuccine Bolognese

{ Fettuccini Bolognese Panggang }

I love pasta. What’s not to love? Pasta bisa dimasak jadi apa saja, enak, cocok dengan lauk apapun, bukan junk food.. Basically nasi dalam bentuk lain. Apalagi dengan saus bolognese buatan sendiri, hmmm..

Tapi di keluarga kecil kami (keciiiiil bingits, cuma berdua), masak pasta meskipun sedikit pasti sisa, hehe. But honestly, we expected that leftover. Perfect untuk sarapan, diangetin terpisah boleeeh, ditumis campur boleeh. Cepat, quick, presto!

Kali ini leftovernya saya panggang, ditambah parutan fresh mozzarella (ini mozzarella buatan lokal yang masih home/small industry, bukan beli di supermarket 😉 psst, lebih murah), dried basil, dan paprika.. Sambil manggang sambil nyapu, sambil nyium wangi seisi rumah. La la laa

 

1-DSC00178
Hmm

Langsung saja berikut saya share langkah pembuatannya.

Fettuccine

Siapkan

  • Fettuccine (Saya menggunakan fettuccine bayam #sanremo *) (see notes)
  • Air mendidih
  • Garam

Didihkan air, tambahkan garam, masukkan fettuccine dan rebus selama kurang lebih 10 menit sampai al dente. Drained. Taburi minyak zaitun supaya tidak saling menempel.

Ini fettuccine yang saya gunakan di rumah
Ini fettuccine yang saya gunakan di rumah

Basic Bolognese Sauce

Klik disini untuk resepnya.

 

Baked Fettuccine Bolognese

Siapkan

  • Fettuccine
  • Saus bolognese
  • Garam dan lada
  • Keju mozzarella segar, parut
  • Paprika merah (boleh warna apa saja)
  • Basil kering

Langkah-langkah

  1. Panaskan oven 180-200 C
  2. Aduk fettuccine bersama saus bolognese di wajan
  3. Koreksi rasa dengan penambahan garam dan lada
  4. Tuang ke dalam loyang
  5. Taburi keju mozzarella parut
  6. Taburi paprika
  7. Taburi basil kering
  8. Masukkan oven segera 180-200 C selama 10-15 menit tergantung tingkat kematangan keju yang diinginkan
  9. Sajikan panas dengan saus sambal

 

Please forgive that messy plate.. :9
Please forgive that messy plate.. :9

Notes

  • Pasta tidak terbatas pada fettuccine saja, bisa menggunakan pasta apa saja. Seperti makaroni panggang, lasagna, atau kaserol.
  • Sarannya, gunakan pasta yang berbahan baku gandum semolina.

pasta yang menggunakan bahan baku gandum semolina lebih sehat karena mengandung lebih banyak serat dan indeks glikemik lebih rendah

  • Ketika menaruh di loyang bisa diselang-seling antara pasta, kemudian keju, kemudian pasta, keju, baru paprika dan basil. Freestyle!
  • Panas oven berbeda-beda tergantung jenis ovennya, pada dasarnya kita hanya ingin melelehkan keju, mengeringkan sedikit saus bolognese dan paprikanya, juga membuat aroma basil keringnya keluar.
  • Selamat mencoba, share hasilnya yaaa 😀
1-DSC00171
Selamat sarapan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s